Senin, 29 November 2010

Menerapkan Sifat Hidup


Menerapkan sifat hidup` didalam masyarakat dengan selalu berkomunikasi dengan orang lain. Lingkungan social seperti menciptakan perasaan solodaritas antara sesame anggota masyarakat yang selalu ingin tetap bersama, saing percaya, dan saling menolong. Anggota masyarakat pada sebuah lingkungan social memiliki berpikir dan bersikap yang sama.

Ciri-ciri masyarakat modern seperti diJakarta yaitu :
>> Hubungan antara manusia didasarkan atas kepentingan pribadi
>> Hubungan dengan masyarakat bersifat terbuka
>> Kepercayaan kuat pada manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana untuk senantiasa meningkatkan kesejahteraan masyarakat
>> Masyarakat tergolong memiliki beragam profesi berdasarkan keahlian masing-masing
>> Tingkat pendidikan formal tinggi dan merata
>> Hukum yang berlaku pada pokoknya adalah hukum tertulis yang amat kompleks
>> Ekonomi hamper seluruhnya merupakan ekonomi pasar yang didasarkan atas penggunaan uang dan alat pembayaran lain


Ada 4 agen sosialisasi yang utama dalam sebuah lingkungan social yaitu :
>> Keluarga
Agen Sosial dalam keluarga meliputi Ibu, Ayah, saudara Kandung, dan anggota keluarga lain baik yang tinggal dirumah maupun yang tidak. Keluarga merupakan agen social pertama yang dikenal oleh seseorang sejak lahir. Umumnya ikatan emosional dengan agen social keluarga sangatlah erat.
>> Teman
Teman yang ditemui dalam pergaulan menjadi agen social sejak seseorang berhubungan dengan orang lain di luar rumah. Teman pergaulan atau teman sepermainan memiliki pengaruh besar pada seseorang dala bersikap. Adakalanya pengaruh teman lebih besar daripada pengaruh yang diterima dari keluarga.
>> Sekolah
Sekolah menjadi tempat seseorang untuk berteman lebih banyak lagi. Pada saat inilah seseorang akan menemukan konflik-konflik pertemanan yang kompleks. Secara naluriah mereka akam membentuk kelompok pertemanan yang memiliki sifat, hobi, atau cara berfikir yang sama. Kelompok-kelompok tersebut akan menerapkan sebuah peraturan yang tidak tertulis dan berlaku bagi seluruh anggota kelompok
>> Medi Massa
Media massa merupakan agen social yang kini emiliki pengaruh besar pada generasi muda. Pengaruh yang diberikan media massa, baik cetak maupun elektronik, tergantung dari apa yang mereka tonton dan bagaimana mereka menyikapinya.

Dalam norma social dikenal beberapa tingkatan norma, yaitu :
>> Cara (Usage)
Cara adalah suatu bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat tetapi tidak secara terus menerus
>> Kebiasaan
Kebiasaan merupakan suatu bentuk perbuatan berulang-ulang dengan bentuk yang sama yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan-tujuan jelas dan dianggap baik dan benar
>> Tata Kelakuan
Tata kelakuan adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dilakukan secara sadar guna melaksanakan pengawasan oleh sekelompok masyarakat terhadap anggota-anggotanya.
>> Adat Istiadat
Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor