Minggu, 07 November 2010

TATA KRAMA MAKAN & MINUM

TATA KRAMA MAKAN & MINUM

            Makanan dan minuman yang didalam bahasa al-qur’an disebut ta’am. Ta’am adalah segala sesuatu yang dimakan atau dicicipi.
>>>   Adab Makan dan Minum.
              Agama islam mengajarkan kepada umatnya melalui Rasulullah SAW. Tentang adab atau tata-krama dalam makan dan minum. Beberapa adab atau tata karma ketika makan dan minum yang diajarkan Islam yaitu :
* Sebelum makan hendaknya membersihka kedua telapak tangan lalu mencuci mulut.
* Sebelum makan hendaknya membaca basmalah dan berdoa yang artinya “Ya Allah, jadikanlah rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami rezeki yang barakah, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka.
* Ketika makan dan minum, hendaknya sambil duduk, tidak tergesa-gesa, dan hendaknya menggunakan tangan kanan.
* Ketika makan dan minum tidak diperbolehkan sambil bicara, apalagi sambil tertawa.
* Makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang halal, baik, bergizi, secukupnya, dan tidak boleh berlebih-lebihan.
*
* Makanan yang kita ambil hendaknya dihabiskan, jangn pernah menyisakan makanan karena hal itu termasuk perbuatan mubadzir.
* Setelah makan hendaknya mencuci kedua tangan, lalu membaca doa yang artinya “Segala Puji Bagi Allah, yang telah memberikan makan dan minum dan telah menjadikan kami sebagai orang muslim.
>>>   Perilaku Makan dan Minum yang Baik
         Ketika kita berbicara tentang perintah makan dan minum, Allah swt. Memerintakan kepada setiap muslim agar makan dan minum dari makanan dan minuman yang sifatnya halal lagi baik. “Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allahbyang kamu beriman kepada-Nya” (Q.S. al-Ma’ida/5:88). Kata “halalan” dari ayat diatas memiliki pengertian lepas atau tidak terikat. Hal itu berarti semua yang halal adalah yang terlepas dari ikatan bahaya duniawi dan ukhrawi. Oleh karena itu, halal juga berarti boleh menurut syarak. Tayyiban menurut bahasa berarti lezat, baik, sehat, dan mententramkan. Tayyib dalam hal makanan memiliki pengertian yaitu :
* Makanan yang ehat adalah makanan yang memiliki kandungan zat gizi yang cukup dan seimbang.
* Proposional mengandung arti sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebih dan tidak kurang.
* Aman mengandung pengertian perlunya makan makanan yang aman bagi tubuh dan kesehatan.
            Sebagai seorang muslim makan dan minum tidak semata-mata untuk memenui kepuasan secara fisik, tetapi juga harus memperhatikan sgi kesehatan, Rasulullah saw telah bersabda dalam hadist, yang artinya yaitu “tidak ada yang dipenuhkan manusia lebih buruk dari perut, cukuplah bagi putra Adam beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya, kalaupun harus (memenuhkan perut), maka hendaklah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga sisanya untuk pernapasan”. Tidak dapat disangkalbahwa makanan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, makan perlu diatur secara baik dengan beberapa cara diantaranya yaitu :
* Makanlah makanan yang halal, baik, dan bergizi seimbang.
* Tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang .
* Makanlah secukupnya dan jangan berlebih-lebihan.
* Makanlah makanan yang sehat sehingga tidak membahayakan tubuh.
* Tidak makan makanan yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Visitor