Minggu, 07 November 2010

TATA KRAMA MAKAN & MINUM

TATA KRAMA MAKAN & MINUM

            Makanan dan minuman yang didalam bahasa al-qur’an disebut ta’am. Ta’am adalah segala sesuatu yang dimakan atau dicicipi.
>>>   Adab Makan dan Minum.
              Agama islam mengajarkan kepada umatnya melalui Rasulullah SAW. Tentang adab atau tata-krama dalam makan dan minum. Beberapa adab atau tata karma ketika makan dan minum yang diajarkan Islam yaitu :
* Sebelum makan hendaknya membersihka kedua telapak tangan lalu mencuci mulut.
* Sebelum makan hendaknya membaca basmalah dan berdoa yang artinya “Ya Allah, jadikanlah rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami rezeki yang barakah, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka.
* Ketika makan dan minum, hendaknya sambil duduk, tidak tergesa-gesa, dan hendaknya menggunakan tangan kanan.
* Ketika makan dan minum tidak diperbolehkan sambil bicara, apalagi sambil tertawa.
* Makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang halal, baik, bergizi, secukupnya, dan tidak boleh berlebih-lebihan.
*
* Makanan yang kita ambil hendaknya dihabiskan, jangn pernah menyisakan makanan karena hal itu termasuk perbuatan mubadzir.
* Setelah makan hendaknya mencuci kedua tangan, lalu membaca doa yang artinya “Segala Puji Bagi Allah, yang telah memberikan makan dan minum dan telah menjadikan kami sebagai orang muslim.
>>>   Perilaku Makan dan Minum yang Baik
         Ketika kita berbicara tentang perintah makan dan minum, Allah swt. Memerintakan kepada setiap muslim agar makan dan minum dari makanan dan minuman yang sifatnya halal lagi baik. “Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allahbyang kamu beriman kepada-Nya” (Q.S. al-Ma’ida/5:88). Kata “halalan” dari ayat diatas memiliki pengertian lepas atau tidak terikat. Hal itu berarti semua yang halal adalah yang terlepas dari ikatan bahaya duniawi dan ukhrawi. Oleh karena itu, halal juga berarti boleh menurut syarak. Tayyiban menurut bahasa berarti lezat, baik, sehat, dan mententramkan. Tayyib dalam hal makanan memiliki pengertian yaitu :
* Makanan yang ehat adalah makanan yang memiliki kandungan zat gizi yang cukup dan seimbang.
* Proposional mengandung arti sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebih dan tidak kurang.
* Aman mengandung pengertian perlunya makan makanan yang aman bagi tubuh dan kesehatan.
            Sebagai seorang muslim makan dan minum tidak semata-mata untuk memenui kepuasan secara fisik, tetapi juga harus memperhatikan sgi kesehatan, Rasulullah saw telah bersabda dalam hadist, yang artinya yaitu “tidak ada yang dipenuhkan manusia lebih buruk dari perut, cukuplah bagi putra Adam beberapa suap yang dapat menegakkan tubuhnya, kalaupun harus (memenuhkan perut), maka hendaklah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga sisanya untuk pernapasan”. Tidak dapat disangkalbahwa makanan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, makan perlu diatur secara baik dengan beberapa cara diantaranya yaitu :
* Makanlah makanan yang halal, baik, dan bergizi seimbang.
* Tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang .
* Makanlah secukupnya dan jangan berlebih-lebihan.
* Makanlah makanan yang sehat sehingga tidak membahayakan tubuh.
* Tidak makan makanan yang tidak diinginkan.
Masa Depan Internet


>>   Kecanggihan Internet Masa Depan

Perkembangan teknologi kembali membawa kemungkinan menakjubkan. Sebuah teknologi bernama 'Grid' diklaim 10.000 kali lebih cepat daripada koneksi broadband internet yang ada sekarang. 'Grid' pun digadang-gadang akan menggantikan internet di masa depan. 'Grid' disebut mampu mengunduh video film hanya dalam hitungan detik. Memang sulit dipercaya, namun 'Grid' ini dibesut oleh CERN, pusat penelitian ilmiah terkemuka Eropa yang dulu juga berjasa amat besar dalam mengembangkan World Wide Web. Teknologi 'Grid' juga diklaim mampu mengirimkan gambar kualitas sangat tajam dengan cepat, game online secara bersamaan dengan jutaan pemain serta video telepon dengan ongkos murah. 'Grid' bisa mengubah kehidupan masyarakat. Dengan kekuatan teknologinya, generasi masa depan akan berkomunikasi dengan cara yang tak terbayangkan oleh generasi masa kini. Untuk awalnya, kecanggihan teknologi itu akan dipertunjukkan tak lama lagi dalam menginvestigasi terjadinya alam semesta. Adapun jaringan awal terdapat di berbagai negara termasuk Inggris, Amerika dan Kanada, yang terhubung dengan laboratorium CERN. Sampai saat ini menurut CERN, sebanyak 55.000 server telah dimanfaatkan dalam pengembangan 'Grid', dengan perangkat fiber optik dan routing tercanggih. Kita tunggu saja apakah benar 'Grid' nantinya memang akan merevolusi pemakaian internet.

>>   10 Teknologi Perintis Komputer Masa Kini

Berikut 10 daftar teknologi komputer dari masa ke masa yang menghasilkan kecanggihan komputer masa kini.

1. IBM Roadrunner

IBM Roadrunner disebut sebagai mesin pertama yang bisa memroses data dalam hitungan petaflop, yakni lebih dari kuadriliun operasi per detiknya. Tapi setelah beberapa dekade, kecepatan ini sama saja dengan sebuah desktop masa kini.

2. Apple Macintosh

Komputer untuk semua kalangan, itulah yang dikenalkan Apple tahun 1984. Dengan tampilan grafis menawan yang bukan sekedar perintah rumus-rumus membosankan ala DOS. Kita mengenalnya kini sebagai Graphical User Interface (GUI).

3. PC IBM

Era 1980-an, komputer personal identik dengan IBM. Sebab memang IBM-lah yang merintis hadirnya standar peranti lunak dan keras di pasaran komputer personal. Akhirnya standar ini diikuti semua vendor komputer sedunia sampai saat ini.

4. Apple II

Diperkenalkan oleh Apple tahun 1977 dan bertahan hingga 15 tahun, Apple II membuktikan bahwa mereka mampu jadi produk massal. Canggih di grafis warna di era itu dan penggunaan yang cukup mudah bagi orang awam. Metode inilah yang konon ditiru Microsoft.

5. TRS-80

Masih di tahun 1977, Radio Shack meluncurkan mikrokomputer yang laku keras sebanyak 3000 unit. Produk ini disebut sebagai komputer pertama yang paling mudah digunakan oleh siapa saja hingga anak sekolah sekalipun.

6. Xerox PARC Alto

Ini adalah komputer tunggal dengan tampilan grafis beserta jendela dan ikon, sebuah tetikus untuk mengontrol kursor dan hard drive lokal, serta koneksi Ethernet ke jejaring kantor. Semuanya tergabung dalam Alto, mesij eksperimen yang dikembangkan Xerox Palo Alto Research Center (PARC) tahun 1974. Tapi Xerox tidak pernah meluncurkan Alto ke pasaran.

7. Datapoint 2200

Kalau hanya komputer tunggal saja sudah dipasarkan pada 1970 oleh Computer Terminal Corp (CTC). Sampai saat ini pun apikasi Datapoint 2200 masih dipakai paa PC. Pihak CTC menjadi rekanan Intel untuk meringankan bebas prosesor mesin menjadi chip tunggal.

8. IBM System/360

Dengan serangkaian standar periperal dan model-model yang kompatibel, S/360 memenuhikebutuhan komputer bisnis saat IBM merilisnya di tahun 1964. Ini bisa dikatakan sebagai rintisan saat komputer mulai dibutuhkan di dunia bisnis. Juga sebagai tonggak ekonomi industri komputer modern.

9. ENIAC

Inilah “nenek moyang ” komputer masa kini yang menakjubkan. Dikembangkan oleh militer AS, Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) menjadi cikal bakal komputer pada tahun 1946. Walau mesin ini menakjubkan di masanya, namun secara ukuran sangat tidak praktis. Mesin ini terdiri dari 17.478 tabung fakum dengan bobot 30 ton dan mengonsumsi 150 kilowat listrik.

10.Mesin Diferensiasi

Charles Babbage tertantang saat pemerintah Inggris minta dibuatkan sebuah mesin yang bisa menghasilkan tabel matematika. Dari sini Babbage mendesain komputer sederhana pertama yang bisa memproses perhitungan matematika secara otomatis. Inilah dasar dari kinerja komputer masa kini.

>>   Video untuk mobile Internet Mendominasi Internet Masa Depan

Layanan video dari rumah yang bersifat tetap juga merambah ke arah aplikasi mobile. Seperti dilakukan Makayama.com, perusahaan yang bermarkas di negeri Belanda yang mendukung ratusan merek telepon genggam. Aplikasi Makayama.com mempermudah berbagai format video untuk dapat digunakan dan ditransfer melalui perangkat telepon genggam. Aplikasi semacam ini mengakselerasi penggunaan mobile video untuk dilewatkan melalui perangkat Internet bergerak. Di Indonesia, tidak heran jika hadirnya berbagai teknologi baru seperti 3G dan sejenisnya terasa lamban diserap pasar. Padahal konsumen Indonesia dapat dikatakan paling trendy di kawasan ini. Timbul kesan operator tidak siap dengan mitra konten lokal dengan output yang mudah dicerna oleh masyarakat kita. Fakta bahwa konten lokal dan jumlah developer yang masih terbatas harus diakui. Namun daya jual dan persuasi kepada pelanggan akan semakin kuat apabila sang penjaja di garis depan dibekali dengan berbagai pengetahuan aplikasi multimedia yang tersebar di Internet dan tentunya akan memperkaya inspirasi bagi pengguna.

>>   Masa Depan Internet Terancam

Meningkatnya peralatan canggih (gadget) seperti iPhone, Blackberry dan Xbox, ternyata mengancam inovasi yang sudah berjalan puluhan tahun dalam membangun Internet. Peralatan canggih yang wajib punya itu menutup dan menghambat kreativitas serta mengubah konsumen menjadi pemakai pasif. Dari teknologi berbeda dengan komputer, gadget yang bisa Intenet itu tidak menjadi sarana utak-atik dan kolaborasi menuju kemajuan teknologi. Gadget, peraturan yang berlebihan, dan ketakutan terhadap Internet, bisa menghancurkan sistem yang selama ini berlangsung, yaitu teknologi "mainstream" dapat "dipengaruhi, dibuat revolusioner dari cara pandang lain".

Penggemar amatir menciptakan banyak gagasan baru dengan Internet dari komputer pribadi, di sisi lain, peretas menciptakan banyak gangguan karena mereka mengeksploitasi struktur Internet yang longgar, contoh : perbedaan menyolok antara komputer pribadi pertama, Apple II yang dibuat tahun 70-an, dengan alat terbaru dari Apple, iPhone. Gadget terbaru itu dia lukiskan sebagai "peralatan yang tertambat". Mereka mudah digunakan tapi sulit untuk dijadikan alat utak-atik. Mereka tertambat karena penyedia gampang saja menggantinya setelah barang itu tidak lagi dijual.

Alat-alat itu, menurut Zittrain, jauh dari "Internet generatif", istilah yang dia gunakan untuk menggambarkan pendekatan kreatif, terbuka, inovatif, yang telah membantu membentuk Internet. Zittrain adalah profesor bidang peran dan regulasi Internet di Oxford Internet Institute, Oxford University.

>>  Menghadapi revolusi Internet.

Berbagai revolusi Internet yang merubah tatanan ekonomi dunia tidak cukup hanya diikuti beritanya. Namun setidaknya menggeser pola pikir dan langkah ke depan untuk masuk ke era ekonomi baru. Yang menurut David Ticoll (2000) bahwa perusahaan yang sudah berumur panjang pun dapat menjadi bagian dari ekonomi baru – jika perusahaan itu mengadopsi model bisnis yang baru. Model saat kekuatan konten menjadi magnet bagi massa. Model ketika kekuatan informasi sangat mempengaruhi keputusan publik untuk membeli. Model bisnis yang sangat memerlukan aliansi dan afiliasi untuk memperkuat ikatan jejaring. Model bisnis yang terus antisipatif terhadap pesaing yang menggurita dengan informasi dan siap melahap keberadaan bisnis kita. Secara makro, berbagai ulasan di atas memang banyak yang berada di luar Indonesia. Namun perlu diingat bahwa akses informasi global di Internet tidak lagi mengenal batas geografis dan kedaulatan suatu negara. Walaupun Internet di Indonesia sudah lebih dari sepuluh tahun namun berbagai bentuk bisnis new economy seakan tidak mampir di Indonesia. Dampak Internet bagi bisnis saat sekarang hanyalah sebuah awal dari revolusi Internet yang terus melanda dunia. Tanpa didorongnya bisnis berbasis Internet di Indonesia, keadaan ini akan terus berlanjut dan devisa kita akan terus tersedot ke luar ketika mulai searching, hosting service, pembayaran transaksi online, sewa bandwidth, sampai e-mail gratis-pun masih dikuasai oleh negeri lain.

SEJARAH INTERNET & INTERNET MASA KINI

SEJARAH INTERNET & INTERNET MASA KINI
 >>  Pra-Sejarah Internet di Indonesia (1970-1993)
Internet merupakan media komunikasi yang populer di Indonesia sejak akhir tahun 1990. Perkembangan jaringan internet di Indonesia dimulai pertengahan era 1990, namun sejarah perkembangannya dapat diikuti sejak era 1970-an.
Pada awal perkembangannya, internet dimulai dari kegiatan-kegiatan yang bersifat non-komersial, seperti kegiatan-kegiatan berbasis hobby dan dalam perkembangan selanjutnya kebanyakan diprakarsai oleh kelompok akademis / mahasiswa dan ilmuwan yang sebagian (pernah) terlibat dengan kegiatan berbasis hobby tersebut, melalui upaya membangun infrastruktur telekomunikasi internet.

Ada dua hal yang perlu diperhatikan, jika membahas seputar pra-sejarah Internet di Indonesia :

¶   Populasi komputer Indonesia yang sangat minim sekali seputar tahun 1970-1980an.

¶   Istilah Internet baru menjadi populer pada tahun 1990an.

>>   Internet Pada Masa Kini

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

>>   Budaya Internet

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government .

>>   Tata tertib Internet

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.

Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

>>   Isu moral dan undang-undang

Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

>>   Pengaksesan Internet

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat perangkap jebakan agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah. Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.

>>   Penggunaan Internet di Tempat Umum

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan Internet termasuk perpustakaan, dan Internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga tempat awam yang menyediakan pusat akses Internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web. Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook),  PDA,  dan Handphone yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.

 

 

Jumat, 08 Oktober 2010

HARAPAN


Harapan

Harapan adalah suatu keinginan yang menginginkan sesuatu itu terjadi. Harapan bisa disebut dengan cita-cita karena sama-sama menginginkan apa yang diinginkannya itu terjadi, misalnya seseorang yang menginginkan agar mendapatkan nilai baik, seseorang yang menginginkan agar menjadi dokter, atau keinginan yang lainnya. Harapan bisa terjadi pada diri kita atau tidak terjadi pada diri kita, semua itu tergantung dari cara kita beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa dan seberapa usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan atau yang kita harapkan. Harapan yang tidak akan terjadi adalah bila kita hanya berdoa saja akan tetapi tidak berusaha sama sekali atau mungkin hanya usaha saja yang telah diperjuangkan tetapi tidak ada beribadah sama sekali. Harapan dan cita-cita juga bisa disebut dengan takdir dr Sang Ilahi, akan tetapi takdir tersebut bisa kita ubah bila kita sungguh-sungguh ingin merubah sifat dan perbuatan kita agar menjadi lebih baik lagi. Suatu harapan telah diingini oleh siapapun, dari bayi sampai meninggalpun semua manusia mempunyai harapan karena manusia mempunya jiwa social yang tinggi, harapan itu bisa muncul dalam sanubari diri kita karena sesuatu hal.
Sebab-sebab manusia mempunyai harapan atau mrnginginkan harapan :
>> Karena jiwa dari diri sendiri yang menginginkannya
>> Keinginan untuk hidup lebih baik lagi dengan berandai-andai dengan menginginkan cita-cita yang tinggi
>> Harapan untuk diri sendiri dan orang yang disayangi
>> Harapan anak bayi yang menginginkan untuk cepat besar dan seperti manusia normal lainnya
>> Menginginkan untuk mencintai dan dicintai seseorang
>> Hak dari lahir hingga meninggal
>> Menginginkan status yang jelas
>> Karena sering di kucilkan sehingga menginginkan sesuatu agar tidak ada lagi yang mengucilkannya
>> Karena iri terhadap apa yang dimiliki orang lain sehingga berharap bisa seperti yang ia inginkan
>> Karena manusia hidup di jaman yang selalu berubah-ubah, mungkin dengan teknologi yang canggih, sehingga manusia menginginkan untuk bisa berada pada jaman yang serba berkecukupan
Dampak positive dan negative dalam suatu harapan yang terjadi :
>> Manusia akan selalu bersyukur atas harapan yang terpenuhi
>> Akan merasa sengang, bangga, dan tenang
>> Manusia akan lebih semangat untuk hal-hal yang akan dilakukannya agar supaya menjadi baik dan baik untuk hidupnya
>> Akan menjadi sombong dengan harapan yang tercapai
>> Menjadi paling “wah” diantara yang lain alias besar kepala
>> Akan bunuh diri karena malu, seperti tidak lulus UAN dan ain sebagainya
>> Akan menyendiri dalam hidupnya

Harapan juga harus dilandaskan dengan kepercayaan dari diri sendiri dan orang lain yaitu optimis dan bisa disebut dengan support, support yaitu dorongan dari seseorang agar lebih semangat, bangkit, serta percaya diri. Suatu kepercayaan yang diberikan akan menimbulkan tanggung jawab dari diri kita sendiri dan bisa menjadi inspirasi agar kita menjalankannya dengan baik dan harapan yang kita ingini akan cepat tercapai dengan adanya kejujuran dari diri sendiri, sehingga kepercayaan itu tetap ada untuk kita sebagai pemimpin atau calaon pemimpin.
Harapan yang sesungguhnya adalah harapan yang selalu dilandaskan dengan ibadah dan usaha, dengan kejujuran dan bersikap adil serta tanggung jawab dengan setulus hati, sehingga akan bermakna , indah, dan bersyukur jika kita mendapatkan apa yang kita harapkan.

PENDIDIKAN


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan adalah kunci sukses meminimalkan adanya kemiskinan yang ada di Indonesia ini. Pendidikan juga sarana untuk mengetahui informasi-informasi yang ada dimana saja, akan tetapi banyak sekali yang menghambat pendidikan berlangsung, yang menghambat yaitu :
>> Facebook menyebabkan manusia menjadi bodoh
>> Game yang menyebabkan manusia menjadi ketagihan
>> Siaran televisi seperti sinetron
>> Bioskop dengan film-film yang menarik
>> Internet
>> HP yang sering mengganggu
>> Kondisi di lingkungan sekitar
Televisi Pendidikan adalah medium yang sangat bagus untuk membagi informasi dan bahan pendidikan kepada masyarakat secara luas. Teknologi terbaru termasuk komputer dan Internet sudah menjadi pilihan utama untuk teknologi pendidikan, dan ada beberapa orang yang kira televisi adalah teknologi lama. Tetapi, potensi Televisi Pendidikan untuk membawa pendidikan ke semua masyarakat di mana mereka duduk, belum begitu tercapai.
Teknologi pendidikan yang sampai sekarang ini masih sangat dapat membantu guru dan siswa-siswi di lapangan, yang membantu guru dan mahasiswa-mahasiswi untuk pendidikan yaitu :
>> Biasanya teknologi yang paling efektif adalah yang paling sederhana, yang mengajak siswa-siswi aktif dalam proses pembelajaran. Misalnya
>> Semua siswa-siswi perlu belajar keterampilan komputer dan TIK karena keterampilan komputer dan TIK sering sekali adalah kebutuhan utama di lapangan kerja.
>> Internet seperti google dan Wikipedia
Jenjang pendidikan di Indonesia :                          
>> Pendidikan anak usia dini seperti TK A dan TK B
>> Pendidikan dasar jenjeng pendidikan awal selama 9 tahun
>> Pendidikan menengahjenjang selama 3 tahun
>> Pendidikan tinggi mencakup program sarjana magister, doctor, dan spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi
Jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Jalur Pendidikan di Indonesia adalah :
>> Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi.
>> Pendidikan nonformal seperti kursus, TPA, Taman Pendidikan AL Qur’an, Sekolah minggu, dan lain-lain.
>> Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab.
Jenis pendidikan adalah kelompok yang didasarkan pada kekhususan tujuan pendidikan suatu satuan pendidikan. Jenis-jenis pendidikan yaitu :
>> Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
>> Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
>> Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pascasarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu.
>> Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional.
>> Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal dalam jenjang diploma 4 setara dengan program sarjana (strata 1).
>> Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan dan pengalaman terhadap ajaran agama dan /atau menjadi ahli ilmu agama.
>> Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif (bergabung dengan sekolah biasa) atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah (dalam bentuk sekolah luar biasa/SLB).

KEBUDAYAAN(KETERBIASAAN)


Kebudayaan (Kebiasaan)
Kebudayaan (Kebiasaan) adalah suatu perilaku yang tercermin dari orang tua yang sudah terbiasa dari kecil dan mungkin juga karena faktor sekitar yang mungkin sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Kebudayaan di Indonesia pada zaman dahulu sangatlah baik dan indah sekali. Dahulu kehidupan di suatu kampung bersuasana tentram suasana keluarga, selalu damai tidak ada banyak konflik dalam berkeluarga, udaranya sangat sejuk belum berpolusi, harmonis untuk lingkungan sekitar, saling tolong menolong, memakai pakaian budaya Indonesia, jarang yang terpengaruh dengan budaya bangsa lain, adanya keterbiasaan membuat tumpeng untuk kesyukuran apapun itu, sangat menghormati wanita, selalu hormat kepada orang yang lebih tua, dan lain-lain. Di zaman sekarang ini udah benar-benar terbalik dengan zaman dahulu seperti di saat ada antrian seharusnya mengantri dari belakang tapi malah menyerobot ke depan, kalau di angkutan umum bila penuh seharusnya yang duduk adalah bagi nenenk-nenek dan ibu hamil yang harus didahulukan untuk duduk tetapi malah yang muda maupun bapak-bapak bertindak masa bodo dengan keadaan di sekitarnya. Kebudayaan (keterbiasaan) bisanya sudah melakukan hal-hal dengan keterbiasaan setiap hari contihnya :
>> Menyontek. Siswa-siswi sekarang klo PR selalu di kerjakan di sekolah
>> Ngebet. Setiap ulangan udah terbiasa budaya ngebet
>> Menolong sesama. Hal yang positive tantang kebiasaan
>> Baik hati kepada setiap orang
>> Tilang. Biasanya kalau penilangan ada uang damainya dan terbebas yang seharusnya di bebaskan melalui siding yang berwajib
>> Rapih. Kebiasaan seseorang merapihkan diri sendiri dan juga rapih bila dimanapun berada
>> Naik kereta gratis. Sudah biasa bila orang tuanya kerja di kreta maka anaknya pun akan gratis naik kreta juga, dan lain-lain.
Kebudayaan (Kebiasaan) ini juga ada sisi baiknya dan sisi buruknya yang mungkin tidak adil dipandangan masyarakat. Akan tetapi didasarkan pada diri kita sendiri yang ingin menyikapi semua keterbiasaan kita seperti apa yang memang baik untuk diri sendiri dan masyarakat.

Visitor